lokerluas.com | Banyak orang mungkin masih merasa lebih
‘sreg’ mengirimkan aplikasi lamaran pekerjaan melalui pos ketimbang email.
Namun, di era yang sangat dinamis dan serba cepat ini, pihak perusahaan yang
membuka lowongan pekerjaan tak jarang justru meminta kandidat untuk mengirimkan
resume-nya via email. Nah, jika memang demikian halnya, maka mau tak mau kita
harus mengikutinya. Mengirimkan aplikasi melalui email memang sedikit berbeda
dengan jika mengirimkannya lewat jasa pos. Ada hal-hal tertentu yang harus
diperhatikan oleh kandidat, sebagai berikut:
1.
Gunakanlah alamat email yang mudah singkat dan mudah diingat dan “resmi”.
Artinya, gunakanlah nama yang meyakinkan, jangan nickname yang aneh-aneh,
misalnya jerukmanis@…, sayajelek@…, akulahsangbintang@…Pakai saja nama
Anda sendiri.
2.
Kalau Anda tidak punya email official, usahakan jangan menggunakan email dari
provider gratisan lokal yang umumnya lambat. Gunakan saja yahoo.com atau
gmail.com yang lebih dikenal dan jelas bonafid.
3.
Kirimkan berkas-berkas file dalam format .doc atau .rtf. Pastikan isinya
lengkap, dari data diri hingga curriculum vitae, dan termasuk foto. Beri nama
file tersebut dengan nama Anda.
4.
Untuk file berupa foto, atau mungkin Anda merasa perlu juga melampirkan salinan
contoh hasil karya dan sertifikat, pastikan ukurannya wajar, agar mudah dibuka.
5.
Jika terpaksa mengirimkan gambar dalam jumlah banyak, satukan dalam format .zip
dan berilah nama yang jelas.
6.
Selain berkas-berkas yang sudah lengkap, jangan lupa beri surat pengantar yang
berisi uraian singkat, mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut.
Ungkapkan seperlunya, jangan berlebihan dan tidak perlu memasukkan
informasi-informasi yang tidak relevan.
Kata
kunci :
Cara
mudah melamar kerja via E-Mail
Trik
melamar kerja
E-mail
untuk cari pekerjaan
Sumber
: portalhr.com
Wah saya lagi mencari artikel ini terima kasih sudah memberi infonya. (h)
BalasHapus